Kali ini servicesparepart.com akan berbagi pengalaman cara menggunakan sebuah alat atau tool untuk pengukuran, yakni multimeter atau ada juga yang menyebutnya multitester dan ada pula yang menamai AVOmeter(Ampere, Volt, Ohm meter).

 cara-menggunakan-multimeter-digital

Perlu diketahui bahwa alat multimeter ini memiliki banyak sekali fungsi, selain digunakan dalam bidang elektronika juga sangat berguna untuk pekerjaan otomotif, komputer, laptop, handphone, instalai listrik dan bidang lainnya.

multimeter-digital-heles-cara-menggunakan

Sebagai pengetahuan saja bahwa multimeter dapat digunakan untuk mengukur atau tes beberapa parameter seperti Tegangan atau voltase listrik, arus listrik, hambatan atau tahanan atau impedansi resistansi, mengetahui putus atau tidaknya suatu perkabelan dan lain lain.

Dalam prakteknya pengukuran yang paling sering digunakan adalah untuk mengukur voltase , arus listrik dan juga resistansi suatu rangkaian atau perkabelan.

Maka dari itu pengetahuan untuk cara menggunakan multimeter ini sangat penting.

Multimeter sendiri terdiri dari 2 macam berdasarkan cara kerjanya, yakni multimeter analog dan multimeter digital.

Multimeter digital lebih mudah digunakan dan hasilnya lebih akurat jika dibandingkan dengan multimeter analog.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menggunakan multimeter digital untuk berbagai keperluan pengukuran yang berhubungan dengan kelistrikan.

Saya sudah membuatkan sebuah video, untuk lebih jelas dan prakteknya silakan simak video berikut ini.