Daftar Kode Error Mesin Cuci Samsung, LG, Sanyo, Polytron, Panasonic, Sharp Lengkap Dan Solusinya

Kode Error Mesin Cuci – Kumpulan Kode jika terjadi pada mesin cuci 1 tabung dan front loading berbagai merk Samsung, LG, Sanyo, Polytron, Panasonic, Sharp Lengkap Dan Solusinya . Kode Error DE pada mesin cuci Samsung misalnya, ini menandakan bahwa pintu belum tertutup rapat atau ada kerusakan pada bagian sirkuit yang terhubung ke sensor pintu atau tutup.

Setiap merk mesin cuci sudah ditentukan kode error nya dari pabrik pembuat mesin  tersebut. Untuk kode error antara mesin cuci merk satu dengan lainnya bisa saja sama, namun memiliki arti yang berbeda beda. Hal ini adalah kode atau identitas dari suatu pabrik pembuat mesin cuci yang bersangkutan.

Untuk memahami arti pada kode error mesin cuci, maka harus mengetahui terlebih dahulu fungsi bagian bagian pada mesin cuci, sehingga nantinya akan dijelaskan dengan mudah dari setiap kode error yang muncul pada display kontrol di panel mesin cuci.

Tujuan utama dari kode error yang ada pada mesin cuci ada 2, yakni untuk memberitahu atau peringatan kepada pengguna bahwa mesin cuci yang dipakai sedang atau dalam keadaan ada masalah, sehingga diharapkan untuk tidak dipakai sementara waktu hingga sudah diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Tujuan kedua dengan adanya kode error mesin cuci adalah untuk mempermudah bagi teknisi dalam melacak bagian kerusakan atau yang bermasalah pada mesin cuci.

Kode error mesin cuci hanya terdapat pada mesin cuci jenis front loading dan top loading saja, sedangkan untuk mesin cuci jenis 2 tabung tidak dilengkapi dengan kode error.

Dan kode error mesin cuci juga merupakan satu kelebihan dari mesin cuci otomatis atau fully automatic. Oleh karena itu, mesin cuci jenis 1 tabung dan front loading memiliki harga yang lebih tinggi daripada mesin cuci dua tabung.

Berikut ini akan dijelaskan daftar kode error mesin cuci fully automatic untuk beberapa merk terkenal seperti Sanyo, Sharp, Samsung, LG, Polytron, Panasonic, Electrolux, Toshiba dan merk lainnya.

Kode Error Mesin Cuci Samsung

Dari halaman resmi Samsung, Pada mesin cuci merk Samsung terdapat kode error untuk memberitahu pengguna bahwa mesin cuci tersebut mengalami kerusakan.

Kode Error Mesin Cuci Samsung DE

Jika mesin cuci anda mengeluarkan kode error DE, ini menandakan bahwa pintu belum tertutup atau belum tertutup rapat. Namun jika sudah yakin pintu tertutup sempurna, berarti ada kerusakan pada bagian sensor yang mendeteksi pintu atau tutup mesin cuci. Terkadang kode error mesin cuci samsung DE bisa diatasi oleh pengguna jika karena pintu kurang tertutup rapat saja.

Kode error DE mesin cuci Samsung 1 tabung

Kode error DE mesin cuci Samsung

Cara mengatasinya adalah dengan memastikan terelebih dahulu, kalau tutup atau pintu mesin cuci sudah tertutup rapat dan tidak terganjal sesuatu.

Namun jika hal diatas telah dilakukan belum berhasil juga, anda harus menghubungi teknis mesin cuci berpengalaman terdekat (jika anda adalah pengguna mesin cuci).

Sedangkan bagi seorang teknis mesin cuci, lanjutkan langkah langkah berikut :

-Sediakan obeng plus dan minus serta multimeter, kemudian buka tutup modul mesin cuci, perikasa apakah ada instalasi kabel dari modul kontrol menuju ke sensor pintu (jika menggunakan sensor switch) yang putus atau sudah karatan sehingga tidak dapat terhubung secara sempurna.

Gunakan multimeter pada skala 1X pada posisi ohm meter, kemudian ukur hubungan kabel pada tutup pintu dengan cara menutup pintu, jika jarum multimeter bergerak secara penuh ke kanan alias mendekati 0(nol) Ohm, berarti kabel dan sensor pintu tidak rusak. Kerusakan ada pada modul kontrol atau pcb mesin cuci.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat video youtube cara mengatasi keruskaan mesin cuci samsung kode error DE berikut :

Solusinya bisa langsung diganti dengan modul kontrol yang baru atau yang kedua dengan cara diperbaiki jika masih memungkinkan.

Kode Error Mesin Cuci Polytron

Kode error mesin cuci polytron juga memiliki arti sendiri bila dibandingkan kode error mesin cuci lainnya. Jika mesin cuci polytron anda mengeluarkan kode error, jangan panik karena itu memberitahu anda bahwa mesin cuci tersebut sedang mengalami kerusakan, sehingga anda segera untuk memperbaikinya.

Berikut akan dijelaskan berbagai macam kode error mesin cuci polytron yang sering terjadi dalam pemakaian sehari hari.

Kode Error Mesin Cuci Polytron E1

Jika kode error dengan huruf dan angka E1 muncul pada layar display di mesin cuci Polytron yang sedang anda pakai, ini berarti bahwa saluran air terjadi masalah.

Cara mengatasinya adalah dengan memastikan bahwa air kran yang masuk ke slang mesin cuci benar benar ada dan cukup deras.

Cara kedua adalah dengan membersihkan saringan air yang ada pada water inlet atau valve mesin cuci yang terhubung dengan pipa slang dari kran.

Jika kedua cara diatas sudah dilakukan namun permsalahan masih muncul maka sebaiknya serahkan pada teknisi mesin cuci yang sudah ahli.

Sedangkan untuk teknisi mesin cuci, lanjutkan dengan langkah langkaj sebagai berikut :

-Siapkan obeng plus dan minus atau sesuaikan dengan kebutuhan

-Siapkan multimeter untuk mengukur nilai resistansi atau tegangan listrik supply water inlet mesin cuci polytron.

Kemudian buka untuk mengecek bagian water inlet, ukur dengan multimeter resistansi water inlet, arahkan skala multimeter pada 100X posisi Ohm. Jika normal biasanya resistansi antara 1-5 K Ohm.

Jika tidak ada resistansi atau resistansi terlalu tinggi atau bahkan short, maka kerusakan dengan kode error E1 berarti water inlet harus diganti.

Akan tetapi apabila pengukuran menunjukkan resistansi seperti keterangan diatas, berarti water inlet normal, dan kerusakan terdapat pada modul kontrol mesin cuci, jadi segera ganti dengan modul kontrol pcb yang baru.

Demikian cara mengatasi keruskan mesinc cuci Polytron dengan kode error E1.

Kode Error Mesin Cuci LG

Kode error pada mesin cuci merk LG juga hampir sama dengan mesin cuci merk lainnya. Namun tentunya memiliki arti dan cara penanganan yang berbeda beda. Berikut akan kami ulas berbagai kode error mesin cuci LG yang sering dijumpai pada saat menggunakan mesin cuci LG.

Kode Error Mesin Cuci LG PE

Kode error gabungan angka PE pada mesin cuci LG menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan pada bagian saluran air masuk yang dari kran.

kode error DE mesin cuci LG 1 tabung

Kode error PE mesin cuci LG

Solusi bagi pengguna apabila menjumpai kode error PE pada mesin cuci LG yang sedang dipakai, maka lakukan hal – hal berikut :

-Pastikan bahwa pasokan air dari kran mengalir dengan cukup

-Pastikan bahwa saringan air yang terdapat pada lubang masuk air dari pipa slang kran tidak kotor atau tersumbat, biasanya terdapat kotoran yang menghalangi , sehingga air tidak mengalir dengan sempurna dari slang menuju mesin  cuci, segera bersihkan.

Jika kedua langkah diatas sudah dilakukan ,namun kode error PE masih tetap muncul, maka hentikan segera pemakaian mesin cuci anda.

Hubungi teknisi mesin cuci yang sudah berpengalaman untuk melakukan perbaikan mesin cuci LG anda yang sedang bermasalah.

Sedangkan untuk teknisi mesin cuci, maka lakukan hal hal berikut untuk mengatasi kerusakan mesin cuci LG dengan kode error PE :

-Siapkan obeng yang sesuai kebutuhan

-Siapakan multimeter untuk mengukur tegangan listrik supply dan resistansi pada water inlet valve.

Kemudian buka  tutup mesin cuci bagian water inlet valve, ukur menggunakan multimeter pada skala 100 X posisi Ohm.

Jika jarum multimeter menunjukkan angka antara 1-5 K Ohm, berarti water valve dalam keadaan baik, maka lanjutkan dengan mengecek kabel kabel dari water valve menuju ke modul kontrol mesin cuci. Apabila ternyata kabel tidak putus dengan cara mengukur resistansi menggunakan skala 1x posisi Ohm, berarti keruskan pada modul kontrol mesin cuci.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada vide dari Youtube berikut :

 

Kode Error Mesin Cuci Sanyo

Mesin cuci merk sanyo akan menampilkan kode error apabila dalam sirkuitnya terjadi kerusakan. Mulai dari sistem kerja water inlet untuk pasokan air yang tidak sempurna, pintu atau tutup kurang rapat, dinamo motor tidak berputar hingga tegangan listrik yang kurang dari semestinya. Kode error akan ditampilkan hanya untuk mesin cuci sanyo 1 tabung dan  front loading yang sudah menggunakan display sebagai indikator. Sebagai contoh pada mesin cuci merk sanyo dengan model  asw 85sb misalnya.

kode error mesin cuci sanyo asw 85 sb

Sebagai catatan bahwa mesin cuci merk sanyo saat ini sudah berganti nama menjadi mesin cuci Aqua, Jadi kode error pada mesin cuci aqua juga secara otomatis diterapkan dalam merk mesin cuci sanyo.

Sehingga untuk kode error mesin cuci sanyo maupun aqua memiliki arti yang sama demikian juga cara penanganannya.

Kode error mesin cuci hanya berlaku untuk model full otomatis atau satu tabung sanyo, bukan untuk mesin cuci semi otomatis atau dua tabung.

Kode error  pada merk mesin cuci sanyo 1 tabung terdiri dari dua kode yang merupakan gabungan huruf dan angka seperti halnya kode error mesin cuci merk lainnya. Namun tentunya kode yang ditampilkan pada display panel kontrol mesin cuci sanyo memiliki arti yang berbeda dengan kode error mesin cuci lain. Misalnya saja apabila display mesin cuci sanyo menampilkan kode EA, berarti ada permasalahan bagian atau sirkuit sensor air yang menuju ke micro computer.

Kode Error Mesin Cuci Sanyo EA

Mesin cuci sanyo akan menampilkan kode EA jika ada error atau kerusakan pada bagian atau komponen yang berhubungan dengan sistem water level sensor. Kode error EA pada mesin cuci sanyo top loading atau satu tabung EA sering terjadi lantaran di bagian ini sangat berperan aktif dalam setiap penggunaan sehari hari. Kode error di mesin cuci sanyo tersebut muncul untuk melindungi kerusakan yang lebih parah.

Kerusakan tersebut bisa terletak pada bagian slang water inlet atau supply air, slang air ke tabung, kabel sensor , water level sensor atau yang paling parah adalah kerusakan di modul kontrol. Untuk memastikan bagian mana yang menyebabkan mesin cuci menampilkan kode error EA, maka perlu dipastikan dahulu bagian demi bagian.

Jika anda sebagai pengguna mesin cuci menjumpai kode error EA saat menggunakan mesin cuci, maka jangan panik. Karena kadang kerusakan mesin cuci demikian juga bisa diatasi sendiri. Lakukan hal hal sebagai berikut :

-Pastikan sumber air dari kran atau debit air cukup

-Jika sumber air menuju slang water inlet ke mesin cuci normal, maka kemungkinan ada kotoran yang menyumbat di bagian saringan water inlet yang dari slang pasokan air. Coba lepas saringan air. Jika setelah dibersihkan ternyata kode error EA masih muncul, segera hentikan penggunaan mesin cuci untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

-Hubungi teknisi mesin cuci yang berpengalaman untuk mengatasi kerusakan dengan kode error EA tersebut. Karena biasanya kerusakan ada di bagian dalam mesin cuci.

Sedangkan untuk teknisi mesin cuci lakukan hal hal berikut untuk mengatasi kerusakan mesin cuci sanyo kode error EA :

-Siapkan obeng plus atau minus atau sesuai kebutuhan

-Siapkan multimeter untuk melakukan pengukuran tegangan dan resistansi serta instalasi kabel.

-Kemudian bongkar bagian tutup mesin cuci agar bisa melihat komponen water inlet, water level sensor, kabel instalasi sensor air ke modul kontrol dan PCB modul kontrol.

-Lakukan pengukuran resistansi water inlet selenoid menggunakan skala 1 K posisi Ohm, jika jarum jam menunjukkan angak 1-5 K Ohm, berarti water inlet selenoid masih normal. Dan coba tes lagi dengan menyalakan mesin cuci, apabila kode error EA masih muncul, maka lanjutkan ke langkah selanjutnya.

-Periksa kabel kabel yang menghubungkan dari water level sensor menuju ke modul kontrol, apakah ada yang putus atau koneksi kurang sempurna, dengan cara mengukur menggunakan multimeter posisi Ohm skala 1X, apabila hubungan baik baik saja, dan mesin cuci masih menampilkan kode error EA, maka lamjutkan langkah selanjutnya.

-Nyalakan mesin cuci dan tekan tombol Start atau mulai, Jika kode error EA muncul, lakukan pengukuran tegangan ac 220 Volt dengan multimeter pada skala 300 Volt posisi AC, ukur di bagian water inlet selenoid, jika tegangan tidak muncul atau terdapat tegangan sangat kecil, maka dimungkinkan Kerusakan pada modul kontrol mesin cuci. Segera ganti atau perbaiki modul jika masih memungkinkan.

Kerusakan dengan kode error EA mesin cuci sanyo kurang lebih disebabkan hal hal diatas.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Video Youtube mengatasi mesin cuci Sanyo kode error EA.

Kode error mesin cuci sanyo u4

Kode error u4 pada mesin cuci sanyo muncul dikarenakan ada indikasi kerusakan atau telah terjadi disfungsi pada komponen atau bagian sensor tutup pintu. Untuk anda sebagaai pengguna dan teknisi kami berikan beberapa cara mengatasinya.

Solusi untuk pengguna mesin cuci

Jika anda sedang menggunakan mesin cuci dan setelah proses merendam, membilas dan mencuci selesai dilakukan oleh mesin cuci secara otomatis, dan pada saat mau masuk ke mode spin atau pengering tiba tiba mesin cuci berhenti dan mengeluarkan bunyi alarm serta menmunculkan kode error berupa angka dan huruf U4, maka jangan panik dulu. Lakukan langkah langkah sebagai berikut :

1.Matikan mesin cuci dengan menekan tombol ON/OFF di panel depan.

2.Kemudian nyalakan kembali mesin cuci, kemudian langsung masuk ke mode spin saja biar cepat, jika belum berhasil dan masih muncul kode eror U4, coba matikan mesin cuci dengan mencabut steker dari stop kontak.

3.Tunggu sekitar 5 menit, kemudian colokkan kembali kabel mesin cuci ke stop kontak, lalu nyalakan kembali  mesin cuci, dan masuk ke mode spin, coba di play atau start, jika mesin cuci masih belum normal, maka coba pastikan tutup pintu mesin cuci sudaha tertutup rapat, namun jika sudah yakin tutup pintu tertutup rapat namun masih belum normal dan muncul kode U4, matikan saja mesin cuci dan hubungi teknisi yang terpercaya.

Solusi Untuk Teknisi mesin cuci

Untuk mengatasi kerusakan mesin cuci sanyo dengan kode error U4, maka siapkan peralatan berikut:

1.Obeng plus dan minus

2.Mulimeter

Buka casing atau penutup modul dan sensor water level, kemudian dengan menggunakan multimeter skala 1X posisi Ohm, ukur hubunan pin switch atau saklar pintu penutup dengan cara menutup secara rapat, jika multimeter menunjukkan hambatan atau resistansi mendekati nol Ohm, maka sensor switch tidak ada masalah.

Lanjutkan dengan mengukur hambatan atau resistansi dari dua kabel yang menuju ke konektor modul kontrol mesin cuci, jika ternyata hambatan atau resistansi masih baik, jadi modul kontrol yang rusak. Untuk mengatasi kerusakan tersebut ada dua cara, yakni mengganti unit satu blok modul dan memperbaiki modul (jika masih memungkinkan).

Kode error mesin cuci sanyo ec

Kode error EC yang muncul pada mesin cuci merk sanyo disebabkan ada kerusakan pada bagian atau komponen untuk penggerak dinamo motor utama.

Kode error mesin cuci sanyo e1

Kode error E1 mesin cuci sanyo muncul apabila terjadi kerusakan pada bagian atau komponen water inlet atau pasokan air yang kurang normal, bisa jadi air terlalu kecil atau tekanan air kurang. KOde error ini muncul jika sudah melebihi 30 menit namun air yang masuk ke dalam tabung mesin cuci volume kurang.

Kode eror tersebut muncul pada mesin cuci sanyo satu tabung, misalnya saja modelAQW-85SB/-86SB.

Kode error mesin cuci sanyo e3

Kode error E3 mesin cuci sanyo akan muncul jika terjadi kerusakan di bagian atau komponen yang berhubungan dengan selenoid air masuk dari slang. Jika selenoid memberikan pasokan air an bocor alias tidak penuh menuju ke tabung mesin cuci maka kan terdeteksi error E3.

Kode error mesin cuci sanyo e4

Kode error mesin cuci E4 akan muncul jika terjadi sebuah kerusakan sistem kontrol yang berhubungan dengan bagian atau komponen tabun cuci dikarenakan cucian yang menumpal sehingga gerakan atau putaran tabung menjadi unblance atau tak seimbang

Kode error mesin cuci sanyo e5

Kode E5 pada mesin cuci sanyo akan muncul jika dalam sistem atau komponen mesin cuci ini menalami kerusakan pada

Kode Error Mesin Cuci Panasonic

Panasonic terkenal dengan sistem proteksinya saat mengeluarkan produk produk elektronik yang di produksinya. Demikian juga pada mesin cuci, dengan menggunakan kode error yang muncul pada display panel kontrol, mesin cuci panasonic memberitahu kepada pengguna apabila telah terjadi kerusakan di mesin cuci tersebut.

Kode error mesin cuci panasonic sangat beragam yang terdiri dari gabungan angka dan huruf 2 karakter. Misalnya saja ketika mesin cuci sedang dipakai dan tiba tiba muncul kode error U12, maka mesin cuci panasonic memberitahu pengguna bahwa ada permalasahan pada sensor pintu menuju ke pcb kontrol mesin cuci.

Kode Error Mesin Cuci Panasonic U12

Kode error mesin cuci panasonic U12 akan muncul di panel display apabila terjadi kerusakan pada sirkuit atau komponen yang berhubungan dengan sensor pintu yang terdiri dari switch lid, kabel instalasi switch ke modul kontrol, dan yang terparah adalah kerusakan pada modul  kontrolnya.

Bagi anda yang mengalami permasalah tersebut, jangan panik, lakukan langkah langkah berikut ini apabila mesin cuci panasonic yang sedang dipakai tiba tiba muncul kode error U12 ;

-Pastikan pintu mesin cuci tertutup dengan rapat dan sempurna alias tidak terganjal sesuatu. Jika masih muncul kode error U12, maka hentikan pemakaian mesin cuci dan hubungi teknisi mesin cuci yang berpengalaman terdekat.

Sedangkan  untuk teknisi mesin cuci, lakukan langkah langkah berikut ini untuk mengatasi kerusakan pada mesin cuci panasonic dengan kode error U12 ;

-Siapkan obeng plus dan minus atau sesuai kebutuhan

-Siapkan multimeter untuk melakukan pengukuran resistansi dan instalasi  lid switch mesin cuci.

-Kemudian bongkar penutup mesin cuci yang berada dekat dengan pintu mesin cuci, kemudian ukur hambatan atau resistansi switch lid pada pintu dengan cara menutup pintu secara berulang ulang. Apabila sudah dilakukan dan ukur dengan menggunkan multimeter skala 1X posisi Ohm, jika ada resistansi mendekati 0 (nol) Ohm saat pintu ditutup, maka kemungkinan switch lid masih baik. Coba nyalakan mesin cuci, apabila kode error U12 masih muncul, maka lanjutkan langkah selanjutnya.

-Perikasa kabel instalasi dari switch lid pintu menuju ke modul kontrol mesinc cuci, lakukan pengukuran dengan multi meter seperti diatas. Apabila tidak ada permasalahn pada kabel, dan mesin cuci masih memunculkan kode error U12, maka kerusakan berada pada modul kontrolnya. Segera ganti atau perbaiki apabila masih memungkinkan.

Demikian cara mengatasi kerusakan kode error mesin cuci Panasonic U12. Untuk selengkapnya bisa di lihat pada video youtube cara mengatasi kerusakan mesin cuci panasonic U12 berikut

 

Kode Error Mesin Cuci Sharp

Kode error pada mesin cuci merk sharp hampir sama untuk model 1 tabung maupun front loading. Seperti diketahui bahwa peralatan elektronik dari pabrikan Sharp ini sangat sensitif terhadap kerusakan yang sekecil apapun. Artinya hampir ketika terjadi error pada salah satu komponen, maka secara otomatis sensor akan terpicu dan menyebabkan program prptektor bekerja.

Kode error mesin cuci Sharp LE

Kode error LE  biasanya terjadi saat proses pengeringan, secara umum error seperti ini karena pintu kurang rapat menutupnya,, Juga kode tersebut muncul semisal penempatan pakaian dalam tabung tidak rata. Kode error “E9” artinya: terjadi Karena Level Ketinggian Air tidak sesuai. Ini akibat error pada sensor level ketinggian dalam drum pencuci. Bila alat sensor pendeteksi level ketinggian air ini rusak atau tidak bekerja selama hitungan menit/ waktu yang digunakan untuk mengisi air dari selenoid.  Error tanpa Kode, yakni Air terus diisi terus sampai penuh (over level). Ini akibat ada kebocoran membran sensor level atau selang sensor level bocor.

Kode Error Mesin Cuci Toshiba

Kode error yang ada pada mesin cuci merk Toshiba hampir mirip dengan mesin cuci Samsung, namun meski demikian kode kode error tersebut memiliki perbedaan arti.

Kode error mesin cuci Toshiba E 1

• Gejala kesalahan: Kesalahan pembuangan air (drain). • Penyebab : Selang pembuangan air yang tidak benar, seperti ketinggian selang yang lebih dari 15 cm, panjang selang tambahan hingga 3 m, dan ujung pembuangan yang langsung ke genangan air. • Solusi: Cek drain valve, kabel dari drain valve ke program timer, water level sensor, dan selang water level. Ganti Drain valve, program timer, water level, dan selang water level.

Kode error mesin cuci Toshiba E 2

• Gejala kesalahan : Kesalahan pintu penutup (lid) • Penyebab : Pintu tidak tertutup atau switch pintu tertekan. • Solusi : Cek Lid Switch, soket, kabel dan program timer. Ganti Lid Switch dan program timer.

Kode error mesin cuci Toshiba  E 3, E3 -1, E3 -2

• Gejala kesalahan : Kesalahan karena tabung tidak seimbang • Penyebab : Pakaian tidak merata, masih ada air didalam tabung (cek bagian pembuangan air). • Solusi : Ratakan kondisi pakaian.

Kode error mesin cuci Toshiba E 5

• Gejala kesalahan : Kesalahan pemberian air (water supply) • Penyebab : Air yang terlalu kecil tekanannya atau penyaring yang tersumbat kotoran. • Solusi : Bersihkan penyaring dan cek tekanan air. Ganti water intake.

Kode error mesin cuci Toshiba E 7, E7 -1, E7 -2, E7 -3, E7 –4

• Gejala kesalahan : Kesalahan putaran motor yang tidak normal • Penyebab : : E7 –1 (motor tidak berputar normal pada saat wash) : E7 –2 (motor tidak berputar balik pada saat wash) : E7 –3 (motor tidak berputar pada saat spin) : E7 –4 (motor tidak berputar pada saat spin atau wash) Motor tertahan oleh rem atau motor tidak berputar dengan bebas • Solusi : Cek setelan rem, cek Revolution sensor, cek Motor, dan cek kabel yang ke motor. Ganti program timer, motor, revolution sensor.

Kode error mesin cuci Toshiba E 9

• Gejala kesalahan : Kesalahan frekuensi water level sensor atau kesalahan karena drain valve bocor. • Penyebab : Kode kesalahan ini akan muncul bila air mulai menyusut pada saat wash dan rinse akibat dari adanya suatu bagian yang bocor. • Solusi : Cek water level sensor, selang water level, cek kebocoran dari tabung atau dari drain valve, dan cek kabel program timer. Ganti water level sensor, drain valve, dan program timer.

Kode error mesin cuci Toshiba Eb

• Gejala kesalahan : Kesalahan ini akan ditampilkan bila relay daya tidak mematikan pada saat auto power OFF. • Penyebab : Kegagalan pada saat Auto OFF/ kerusakan pada rangkaian power relay • Solusi : Sambungkan kabel listrik dan tekan tombol on lagi. (Jangan tekan tombol start.) jika “Eb” akan tampil setelah 10 detik ganti timer Program.

Kode Error Mesin Cuci TCL

Kode error mesin cuci TCL mungkin tidak seperti kode error mesin cuci merk lainnya yang sering dijumpai di masyarakat, hal ini mungkin karena mesin cuci TCL masih jarang dipakai di Indonesia

Kode Error Mesin Cuci Sanken

Kode error mesin cuci sanken mungkin masih jarang dijumpai di sekitar kita, ini mungkin karena pengguna mesin cuci sanken yang tipe 1 tabung atau otomatis masih jarang sehingga pabrik sanken masih sedikit dalam berinovasi dengan produk mesin cucinya.

Kode Error Mesin Cuci Modena

Mesin cuci merk mode mungkin termasuk mesin cuci yang terbilang cukup masih baru di Indonesia, sehingga kode error yang sering muncul pada mesin cuci ini masih jarang. Namun jangan khawatir, biasanya saat membeli mesin cuci baru, terdapat buku petunjuk yang menyatakan bagaimana cara mengatasi kerusakan mesin cuci modena yang muncul kode error di display panel kontrol.

Kode Error Mesin Cuci Electrolux

Kode error mesin cuci Electrolux E10

Kode error ini terkait dengan pasokan air bersih yang masuk ke mesin cuci, kemungkinan penyebab : * Keran air dalam keadaan tertutup atau belum dibuka; * Selang pasokan air dari keran terjepit atau tertekuk. * Filter atau saringan air sudah kotor sehingga menghambat arus air yang masuk

Kode error mesin cuci Electrolux E20

Kode error ini terkait dengan masalah pembuangan air kotor sisa pencucian, kemungkinan penyebab : * Selang pembuangan tidak lancar karena mungkin tersumbat atau tertekuk. *Filter atau Saringan pompa pembuangan air kotor atau tersumbat sesuatu, biasanya uang koin, kancing, mainan anak dll.

Kode error mesin cuci Electrolux E40, ini terkait dengan pintu masuk atau keluar cucian, pemecahan masalah nya hanya dengan cara memastikan pintu tertutup dengan benar atau tidak saja.

 

 

 

Home >> Mesin Cuci >> Kode Error Mesin Cuci Samsung, LG, Sanyo, Polytron, Panasonic, Sharp Lengkap Dan Solusinya

JIKA TULISAN INI BERMANFAAT, Silakan BAGIKAN KE SOSMED :

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail