Cara memperbaiki atau servis tv tabung mati total dan ketahui apa saja penyebabnya

Panduan servis atau perbaikan tv tabung untuk para teknisi atau Tuser dimanapaun anda berada. Jangan dilakukan oleh siapupun yang tidak mengerti akan elektronik dan kelistrikan, karena berbahaya.

Kerusakan TV tabung

Tv tabung dapat mengalami kerusakan yang bermacam macam. penyebab dari kerusakan tersebut juga bervarias.

Kerusan pada tv tabung kadang karen faktor human error atau kesalahan pemakain, namun tak sedikit juga yang disebabkan karena faktor usia.

Kerusakan tv tabung banyak macam dan jenisnya , diantaranya adalah tv mati total, tv ada suara tidak ada gambar, tv ada gambar tidak ada suara, tv hanya standby , tv menyala sebentar terus kemudian mati dan lain-lain.

Pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana cara memperbaiki tv dengan kerusakan mati total.

Penyebab keruskan tv mati total

Kondisi tv tabung mati total dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantarnya karena listrik rumah yang tidak stabil dan sering turun meterannya, tv terkena benturan benda keras, tv tersiram air, tv tekena petir, tv terlalu panas, tv sudah berumur dan lain lain.

Langkah langkah memperbaiki tv rusak mati total

Biasakan untuk memeriksa secara berurutan atau langkah demi langkah ketika memperbaiki tv tabung dalam kondisi mati total.

Berikut langkah langkah untuk melakukan pemeriksaan bagian demi bagian.

1.Cek supply tegangan listrik PLN di stop kontak yang digunakan untuk menyalakan TV, dengan menggunakan multimeter skala AC dan arahkan pada angka 1000 V, seharusnya tegangan terukur antara 200-240 Volt AC.

2.Jika tegangan sudah dipastikan  normal, coba cek kabel steker pada tv, apakah masih bagus atau ada yang terluka atau putus (biasnya di makan tikus atau terjepit).

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail