Tv tcl mati total: cara servis atau perbaiki

Home >> TV >> Tv tcl mati total: cara servis atau perbaiki

Panduan cara service atau perbaiki tv merk tcl untuk model lcd , crt atau tabung cembung dan slim atau flat berbagai ukuran 14 inch, 21 inch dan 29 inchi. Kerusakan tv tcl antara lain tv mati total , tidak dapat siaran, cacat vertikal, lampu kedip, standby,protek, gambar cacat dll.

TV merk TCL merupakan tv yang sudah cukup lama beredar di Indonesia, meskipun diklaim tv CHINA alias tv murah, namun terbukti tv merk ini banyak yangh awet hingga bertahun tahun.

TV tcl sering mengalami kerusakan dengan berbagai macam seperti tv mati total , tidak dapat siaran, cacat vertikal, lampu kedip, standby,protek, gambar cacat dll.

Kali ini, servicesparepart.com akan berbagi cara memperbaiki tv tcl tabung atau crt yang mati total.

(Dari pengalaman kawan ardhy-reparasielektronika).

Tentu kita bertanya-tanya bagaimana cara memparbaiki TV yang mati total khususnya pada TCL 21”..
Seminggu yang lalu saya mendapat panggilan servis,,informasi yang saya dapat dari si pemilik TV ternyata pada waktu hujan dya asik menonton TV,,ehh tiba-tiba ada suara petir,2detik kemudian TV nya mati,MCB pada Kwh meter juga OFF..
Karena penasaran,,dya mencoba untuk menghidupkan Power TV nya ehh tiba-tiba ada suara mirip suara petasan dengan daya ledak rendah yang keluar dari TV juga bersamaan dengan cahaya mirip dengan cahaya pada kamera foto..setelah itu TV mati total…
Jadi pada intinya aliran arus dan tegangan yang masuk pada TV tersebut tidak sebagaimana mestinya atau dengan kata lain tegangan yang masuk pada pada TV tersebut melonjak melebihi 240 volt,,padahal tegangan operasi pada TV sekitar 220-240 volt..

Langkah-langkah mencari dan memperbaiki letak kerusakannya:
1. Saya langsung pada komponen regulator,ada beberapa komponen yang saya curigai jebol,,seperti dioda bridge,elco 220 mikro 450 volt,transistor driver,dioda zener,transistor converter yang nempel pada heatsink ternyata juga bocor setelah saya ukur dengan multitester,jangan lupa juga sekring harus diganti,,setelah semua komponen yang dicurigai rusak selesai diganti juga semua solderannya diperbaiki kembali,,saya mencoba menghidupkan TV,,eh ternyata TV belum bisa ON..
2. Ternyata masih ada komponen yang semestinya diganti,,saya coba dengan mencabut transistor A 1015 yang letaknya dekat dengan opto coupler,,setelah diganti,,TV kembali saya hidupkan…wow hasilnya TV bisa beroperasi dengan normal…

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail