Download Firmware TV LCD LED LG type 43LH500T dan cara Flash Eeprom

Download Firmware untuk TV LCD LED dengan type 43LH500T serta bagaimana cara melakukan reset atau flash ulang saat terjadi kerusakan pada firmwarenya.

Sekilas Tentang Firmware

Firmware adalah sebuah kumpulan program kecil yang digunakan untuk memerintahkan atau memberi intruksi kepada ic program atau chip agar bisa mengerjakan komponen-komponen atau bagian demi bagian pada sebuah peralatan elektronik.

Firmware tidak dapat berdiri atau berjalan sendiri tanpa program master, setiap firmware harus menumpang dalam sebuah program master dari sebuah ic program atau mikro prosesor atau sering disebut chip.

Pada awalnya firmware digunakan hanya dalam sebuah perangkat berbasis komputer, seperti komputer PC dan juga laptop serta handphone.

Namun dalam perkembangannya, kini firmware juga diaplikasikan pada pesawat televisi.

Apalagi semenjak dikeluarkannya pesawat televisi jenis LCD dan LED, hampir semua pesawat tv jenis iniĀ  menggunakan firmware dalam proses kerjanya.

File FIRMWARE

File firmware adalah sebuah intruksi program yang dapat disimpan secara terpisah dan di copy atau gandakan dalam bentuk file. umumnya file firmware disimpan dalam bentuk extensi BIN.

File dalam bentu WINRAR atau WINZIP sehingga harus di ekstrak terlebih dahulu menggunakan software WINRAR atau WINZIP.

DOWNLOAD FIMWARE

Cara Flash IC memori

Cara flash atau program ulang ic memori bisa dilakukan dalam beberapa cara, namun umumnya ada 3 cara yang sering digunakan oleh teknisi dalam melakukan service TV. Diantaranya adalah :

  1. Flash ic memori langsung di PCB mainboard tanpa melepas dari Mainboard. Cara dapat digunakan menggunakan sebuah alat ISP (insystem programmer).
  2. Cara yang kedu adalah dengan menggunakan bantuan Flasdisk yang di isi file firmaware dan file INF. flasdisk tersebut hanya di colokan ke mainboardĀ  yang sudah memiliki fitur USB.
  3. Cara yang ketiga adalah dengan melepas ic memori dan memprogramnya menggunakan sebuah alat copy eeprom programmer. Cara ini sepertinya yang paling akurat. karena IC dapat di ketahui rusak secara hardware (ic itu sendiri) atau hanya fimwarenya saja.
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmail